Cara Membuat Label Kategori di Blogspot

Kategori pada sebuah Blog dan website berfungsi untuk mengelompokkan setiap postingan disesuaikan dengan jenis kontenya. Namun pada blogspot kita tidak akan ditemui istilah kategori di-dalam dashboard admin, namun yang ada adalah Tag atau Label. Sebuah situs dengan kerangka website di-halaman dashboard admin biasanya terdapat menu khusus kategori dan tag/label secara terpisah. Dengan kategori pengelompokan postingan artikel atau produk untuk blog toko online akan memudahkan pengunjung mencari konten yang mereka inginkan.
Karena seringnya klien yang setelah memakai jasa pembuatan toko online kami yang menanyakan seputar kategori produk, maka pada kesempatan kali ini saya akan menguraikan bagaimana cara membuat label kategori artikel pada sebuah blog yang dijadikan sebagai toko online. Cara membuat Kategori pada blogspot kita bisa memanfaatkan fungsi label atau Tag, contoh nya ketika Anda menjual barang-barang suvenir, agar tidak tercampur jenis suvenir yang dijual maka Anda perlu mengelompokkan jenis barang tersebut berdasarkan kategorinya seperti souvenir kipas, souvemir dompet, souvenir gantungan kunci, dan lain-lain.
Sebelum Anda membuat kategori silahkan Anda pahami:
  1. Struktur artikel yang biasa digunakan untuk sebuah blog:
    artikel blogspot
  2. Berbeda dengan website, pada blogger sebuah kategori tidak bisa dibuat terlebih dahulu, jadi Anda harus memposting sebuah produk atau artikel dengan kategori tertentu kemudian Anda menuliskan judul kategori tersebut pada kolom label yang sudah disediakan blogger.
  3. Kategori yang dibuat bisa ditampilkan melalui Gadget label, dan Anda bisa menempatkannya di sidebar kanan atau kiri sesuai dengan layout blog toko online Anda.
  4. Label kategori ini bisa Anda pisah dengan cara manual. seperti contoh di-bawah di pisah dengan judul label yang dipisah.

    Contoh kategori yang dipisah berdasarkan judul kategori:
Setelah Anda paham dengan 4 point di-atas, sekarang kita lanjutkan dengan cara membuatnya:
  1. Log in akun Blogger anda melalui www.blogger.com 
  2. Masuk ke menu posting, kemudian masukan artikel atau produk Anda beserta gambar dan spesifikasi nya. Artikel yang Anda masukkan jangan lupa teknik atau trik SEO blogspot sudah Anda terapkan.
  3. Pada kolom label sebelah kanan, tuliskan nama kategori produk yang sedang Anda posting.
    Contoh: kategori souvenir kipas pada toko online yang menjual bermacam-macam souvenir
    Membuat label pada blogspot
  4. Kemudian tekan tombol "publikasikan" apabila sudah selesai.
  5. Silahkan lanjutkan dengan produk-produk lainnya dengan kategori yang berbeda-beda.
  6. Karena tulisan saya diatas disinggung pemisahan kategori produk disesuaikan dengan judul kategori, maka cara membuatnya seperti dibawah ini:
    • Kembali ke menu dashboard blogspot
    • Klik Layout
    • Pada Judul Gadget label yang sudah Anda buat sebelumnya, klik Edit
      edit gadget label blogspot
    • Pada kolom konfigurasi label klik "label yang dipilih kemudian Edit
      konfigurasi label blogspot
    • Centang kategori yang sesuai dengan judul kategori
      memilih label berdasarkan kategori
    • Klik "selesai" 
    • Silahkan lakukan hal yang sama pada judul kategori Anda yang lainnya.
    • Lihat hasilnya.
Demikian pembahasan singkat tentang cara membuat label kategori di blogspot. Yang sedikit ini semoga bermanfaat untuk Anda. Salam Blogger.

Artikel Terkait:

Ditulis Oleh : KangRoes ~ Jasa Pembuatan Blog Murah

Artikel Cara Membuat Label Kategori di Blogspot ini diposting oleh KangRoes pada hari . Gak mau report buat blog? atau gak ada waktu, Anda bisa menggunakan Jasa kami dalam pembuatan blog-website murah dan cepat, Pemesanan: HP 085775297001 (sms dulu jika mau tlp), BB: by request, WA: 08111877137, Email: buatblog89@yahoo.co.id, atau YM:,

:: Lengkapnya disini::

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...