Awas!! Ancaman Phising mengintai Anda

phising
Apa itu Phishing? pengertian Phising adalah Suatu cara atau usaha untuk memperoleh informasi penting dengan cara yang ilegal atau tidak sah, contoh: ID username, Password, PIN, Akun rekening Bank, Kartu kredit, akun media sosial seperti phising facebook, dll. Tentu informasi yang didapat akan digunakan oleh phisher (orang yang melakukan phishing terhadap orang lain) untuk berbagai kepentingan yang tentunya akan merugikan si pemilik asli akun tersebut.

Menurut survei yang dilakukan Kaspersky korban serangan phising terdapat ke-lonjakan dalam setahun terakhir, dan yang mengejutkan adalah serangan phising tidak hanya melalui Email sebagai mekanisme utama dalam serangan phising, data yang tercatat bahwa hanya 12% saja serangan dilakukan melalui Email spam. bagaimana dengan 88% sisanya?, ternyata serangan phising ini pada tautan laman phishing di web browser yang di klik oleh pengguna, layanan chat, dan di-saat bekerja dengan menggunakan komputer.
Beberapa sarana yang digunakan seorang phisher adalah:
  1. Pengadaan alamat email Palsu yang di buat agar calon korban bisa terpancing dan menerima keabsahan email tersebut sehingga korban dengan tanpa curiga menginformasikan data penting seperti PIN, password, dll. Untuk meyakinkan biasanya si pelaku menggunakan logo, merk dagang resmi.
  2. Membuat website atau blog palsu yang dibuat seperti website yang resminya, ini juga bertujuan untuk memperdaya korban sampai akhirnya menyerahkan informasi penting yang diinginkan si pelaku.
  3. Membuat Link phising melalui layanan chat seperti skype, Facebook, dll.
Tidak dipungkiri cara-cara membuat phising pun sudah banyak beredar di internet, seperti pishing facebook, dan atau melalui blog dan website, namun perlu diingat, setiap website yang mencoba melakukan pishing tentu apabila terdeteksi akan otomatis di suspend/diblokir secara sepihak oleh perusahaan penyedia hosting karena selain akan membahayakan orang lain juga membahayakan perusahaan pemilik server yaitu bisa di backlist oleh datacenter.

Berikut beberapa tips untuk menghindari phishing:
  1. Untuk media Sosial seperti Facebook, buatlah bookmark untuk login atau dengan mengetik langsung alamat situs media sosial yang dibuka melalui browser address bar.
  2. Jangan pernah membalas Email SPAM atau mengklik link url yang mencurigakan.
  3. Secara rutin mengganti password akun, dan apabila Anda mempunyai beberapa akun, pastikan password yang digunakan berbeda di setiap akun-nya.
  4. Selalu update anti virus Anda.
  5. Tidak disarankan membuaka email di komputer umum seperti warnet, hotspot, dll. Pastikan komputer umum tersebut tidak terdapat program yang merugikan seperti Keylogger, dan pastikan komputer tersebut di lindungi oleh deep freeze.
Tentunya masih banyak lagi tips dan cara untuk menghindari phising yang setiap saat akan menghampiri Anda. Semoga informasi phishing dan cara menghindarinya bisa bermanfaat buat Anda.

Artikel Terkait:

Ditulis Oleh : KangRoes ~ Jasa Pembuatan Blog Murah

Artikel Awas!! Ancaman Phising mengintai Anda ini diposting oleh KangRoes pada hari . Gak mau report buat blog? atau gak ada waktu, Anda bisa menggunakan Jasa kami dalam pembuatan blog-website murah dan cepat, Pemesanan: HP 085775297001 (sms dulu jika mau tlp), BB: by request, WA: 08111877137, Email: buatblog89@yahoo.co.id, atau YM:,

:: Lengkapnya disini::

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...